PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Eny Prihatiningsih SMK Negeri 3 Merauke

Keywords:

Reciprocal Teaching, Minat, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil   belajar kelas X dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching.Proses pendidikan terarah pada peningkatan penguasaan pengetahuan kemampuan ketrampilan, pengembangan sikap, dan nilai-nilai dalam rangka pembentukan dan pengembangan diri peserta didik, sehingga tujuan pendidikan tidak hanya untuk mengembangkan pengetahuan anak tetapi juga sikap kepribadian serta aspek sosial emosional disamping ketrampilan-ketrampilan lain. Adapun data dikumpulkan melalui metode tes, observassi,  dan catatan lapangan.  Dalam pandangan pembelajaran kuantum, lingkungan fisikal-mental dan kemampuan pikiran atau diri manusia sama-sama pentingnya dan saling mendukung. Karena itu, baik lingkungan maupun kemampuan pikiran atau potensi diri manusia harus diperlakukan sama dan memperoleh stimulan yang seimbang agar pembelajaran berhasil baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran Pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi materi pokok, pokok bahasan  teks anekdot Kelas X Tehnik Informatika 2 SMKN 3 Merauke. Terjadi peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II melalui penerapan pembelajaran Pembelajaran Reciprocal Teaching. Berdasarkan hasil observasi, dan tes diperoleh perbandingan hasil aspek antar siklus yang disajikan.  

Downloads

Published

2020-10-13

How to Cite

Prihatiningsih, E. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 135–139. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/827