POLA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PPKN SISWA KELAS XII PADA POKOK BAHASAN HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA MELALUI PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE

Authors

  • Yuliana Pande SMK Negeri 3 Merauke

Keywords:

VCT, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran yang dipersiapkan untuk mewujudkan pendidikan yang berorientasi kecakapan hidup seperti tersebut haruslah pembelajaran yang aktif melibatkan Peserta didik baik secara kelompok maupun individual dan disamping itu peran model pembelajaran juga sangatlah penting.Upaya itu sudah di sadari si peneliti yaitu dengan penerapan metode pembelajaran yang tepat agar kesulitan siswa dalam memahami materi tidak menjadi kendala. Metode yang digunakan peneliti dengan metode pendekatan Model Pembelajaran VCT. Dimana peserta didik aktif dan guru juga aktif, Hasil penelitian menunjukan Semua peserta didik mampu mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh. Dalam hal mengumpulkan tugas tepat waktu baru mencapai 93,55% dan masih ada 6,45% yang belum mengumpulkan tugas sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan rata-rata nilai tugas sebesar 90 dan dapat dikatakan bahwa banyak siswa yang sudah mampu untuk memahami materi yang diberikan. Pembelajaran Value Clarification Technique mampu merangsang pesert didik untuk mengemukakan pendapat walaupun masih ada 6,45% siswa yang masih pasif terhadap aktivitas

Downloads

Published

2020-10-13

How to Cite

Pande, Y. . (2020). POLA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PPKN SISWA KELAS XII PADA POKOK BAHASAN HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA MELALUI PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 140–146. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/828