PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM

Authors

  • Permenas Taidi SMK Negeri 3 Merauke

Keywords:

Model pembelajaran quantum, Hasil belajar Siswa

Abstract

Proses pendidikan terarah pada peningkatan penguasaan pengetahuan kemampuan ketrampilan, pengembangan sikap, dan nilai-nilai dalam rangka pembentukan dan pengembangan diri peserta didik sehingga tujuan pendidikan tidak hanya untuk mengembangkan pengetahuan anak tetapi juga sikap kepribadian serta aspek sosial emosional disamping ketrampilan-ketrampilan lain. Peran metode pembelajaran quantum dapat meningkatkan kesulitan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan menggunakan II siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Mesin. Adapun data dikumpulkan melalui metode tes, observassi, dan catatan lapangan. Dalam pandangan pembelajaran kuantum, lingkungan fisikal-mental dan kemampuan pikiran atau diri manusia sama-sama pentingnya dan saling mendukung. Karena itu, baik lingkungan maupun kemampuan pikiran atau potensi diri manusia harus diperlakukan sama dan memperoleh stimulan yang seimbang agar pembelajaran berhasil baik. Kualitas pemahaman materi Teknik Permesinan Frais pada siswa kelas X Teknik Mesin SMKN 3 Merauke dapat meningkat dengan penerapan pembelajaran dengan model Quantum yang di tunjukkan dengan hasil tes dari siklus I yang tuntas sebanyak 14 siswa dengan presentase sebesar 56% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan presentase ketuntasan sebesar 80%.

Downloads

Published

2020-10-14

How to Cite

Taidi, P. . (2020). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 158–162. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/830