PENERAPAN MEDIA GAMBAR KEBUDAYAAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA
Keywords:
media gambar kebudayaan, kemampuan siswa, keanekaragaman suku dan budaya bangsaAbstract
Dalam kenyataan seringkali siswa masih melakukan diskriminasi terhadap teman sekolahnya yang tidak satu suku dengannya, terlihat dari dalam melakukan pertemanan masih pilih kasih, tidak berteman dengan suku lain, tidak mau belajar kelompok dengan teman dari suku lain, dan sikap negatif lainnya. Hal itu karena siswa tersebut belum memiliki sikap yang positif terhadap keberagaman suku bangsa seperti saling menghormati, saling membantu, adil, jujur, kerjasama sesama teman, dan yang utama adalah sikap toleransi khususnya toleransi terhadap perbedaan suku dan budaya bangsa. Prestasi belajar siswa kelas III A SD Negeri Darmaga II dalam materi Keberagaman Suku dan Budaya Bangsa ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan pada materi Keberagaman Suku dan Budaya Bangsa yang sudah dipelajari sebelumnya masih rendah, ternyata hanya 9 siswa (25,00%) dari 36 siswa yang dinyatakan lulus, dan sisanya sekitar 27 siswa (75,00%) dinyatakan belum lulus dari KKM sekolah sebesar 72. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi keanekaragaman suku dan budaya bangsa melalui penerapan media gambar kebudayaan di kelas III A SD Negeri Darmaga II semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi keanekaragaman suku dan budaya bangsa dapat dilakukan dengan menerapkan media gambar kebudayaan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai nilai rata-rata 69,17 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 47,22% dan pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata post test menjadi 81,94 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 91,67%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,77.