MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS
Keywords:
hasil belajar, Metode Demontrasi, Pemberian TugasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Penjumlahan dan Pengurangan melalui penerapan Model Pembelajaran Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas pada siswa kelas II SD Negeri Darmaga II Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian terdiri dari 22 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada pertemuan ke 1 dan ke 2 tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 69,75 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,91. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,16 ( 16,13%). Dengan demikian pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.