MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS

Authors

  • Titin Titin SD Negeri Darmaga II Kasomalang Subang

Keywords:

hasil belajar, Metode Demontrasi, Pemberian Tugas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Penjumlahan dan Pengurangan melalui penerapan  Model Pembelajaran Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas  pada siswa kelas II  SD Negeri  Darmaga II Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran  2018/2019. Subyek penelitian terdiri dari 22 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada pertemuan ke 1 dan ke 2 tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan  ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 69,75 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,91. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,16 ( 16,13%). Dengan demikian pembelajaran Matematika  dengan Model Pembelajaran Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas   dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

Titin, T. . . . . (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 187–198. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/834