MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA AKU ANAK SOLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS)
Keywords:
hasil belajar, Think Pairs Share (TPS)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengenal Asmaul Husna melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperative tipe Think Pairs Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri Darmaga II Kecamatan Sarangpanjang Kabupaten Subang Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 28 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, pada 2 pertemuan pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,93 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 81,07. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,14 (17,61%). Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.