MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA AKU ANAK SOLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS)

Authors

  • Anah Nurhasanah SDN. Darmaga II Kec. Kasomalang- Subang

Keywords:

hasil belajar, Think Pairs Share (TPS)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengenal Asmaul Husna melalui penerapan  Model Pembelajaran Kooperative tipe Think Pairs Share (TPS)  pada siswa kelas IV  SD Negeri  Darmaga II  Kecamatan Sarangpanjang  Kabupaten Subang Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 28 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, pada 2 pertemuan  pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,93 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 81,07. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,14 (17,61%). Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)  dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2020-10-23

How to Cite

Nurhasanah, A. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA AKU ANAK SOLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 211–220. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/835