PEMBENTUKAN KARAKTER GURU DAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN DI SD NEGERI TAMBAKAN II JALANCAGAK SUBANG
Keywords:
Karakter, PembiasaanAbstract
Pokok permasalahan dapat dideskripsikan sebagai berikut: (a) bagaimana aktivitas guru dalam pembentukan karakter di SD Negeri Tambakan II Jalancagak Subang ?., (b) bagaimana aktivitas peserta didik dalam pembentukan karakter melalui pembiasaan SD Negeri Tambakan II Jalancagak SubSang?, (c) bagaimana respon guru dan peserta didik terhadap pembentukan karakter melalui pembiasaan di SD Negeri Tambakan II Jalancagak Subang ?. (d) bagamana pemahaman guru dan peserta didik terhadap pembentukan karakter melalui pembiasaan di SD Negeri Tambakan II Jalancagak Subang ?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang didesain ke dalam model Kemmis dan Taggart dengan tiga siklus kegiatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, lembar observasi, angket dan lembar evaluasi. Subjek penelitian yang dijadikan sumber untuk memperoleh data adalah guru sebanyak 8 orang dan peserta didik kelas VI sebanyak 32 orang, sehingga subjek keseluruhan berjumlah 40 orang. Dari pengolahan data dapat disimpulkan: a) aktivitas guru dalam mengikuti pembiasaan dalam pembentukan karakter di SD Negeri Tambakan II Jalancagak Subang, dikategorikan baik sampai sangat baik, (b) aktivitas Peserta didik dalam mengikuti pembiasaan dalam pembentukan karakter di SD Negeri Tambakan II Jalancagak Subang dikategorikan baik sampai sangat baik, (c) peserta didik menunjukkan respon positif, (d) terdapat peningkatan pemahaman guru dan peserta didik terhadap pembentukan karakter melalui pembiasaan di SD Negeri Tambakan II Jalancagak Subang. Berdasarkan kesimpulan penelitian, disarankan bahwa : (1) kepala sekolah dalam penerapan suatu program hendaknya lebih banyak lagi bervariasi , (2) peserta didik dan guru lebih diberi kesempatan untuk menemukan dan menerapkan ide-idenya, (3) kebijakan sekolah diharapkan lebih mendukung dan memotivasi guru dan peserta didik.