MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA SUB TEMA MENENTUKAN LIMIT FUNGSI TRIGONOMETRI
Keywords:
Motivasi, Numbered Heads TogetherAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika sub tema menentukan limit fungsi trigonometri kelas XII MIPA 5 di SMA Negeri 3 Subang. Dan bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika sub tema menentukan limit fungsi trigonometri kelas XII MIPA 5 di SMA Negeri 3 Subang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan model Hopkins yang terdiri atas empat langkah. Subyek dan setting penelitian adalah siswa kelas XII Mipa 5 SMA Negeri 3 Subang. Penelitian ini dilakukan melalui 3 (tiga) siklus, yaitu ; siklus I Guru menjelaskan dengan model ceramah, siklus II menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) III menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Data dikumpulkan dengan tes dan nontes, dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Data yang diperoleh diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis, untuk mendeskripsikan keberhasilan penerapan Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa.