MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MENGANAL BAGIAN UTAMA HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas II SD Negeri Kasomalang I Tahun Pelajaran 2018/2019)

Authors

  • Itoh Masitoh SD Negeri Kasomalang I Subang

Keywords:

Hasil belajar, Metode Demontrasi, Pemberian Tugas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengenal Bagian Utama Hewan dan Tumbuhan melalui penerapan  metode demontrasi dan pemberian tugas pada siswa kelas II  SD Negeri  Kasomalang I Kecamatan Kasomalang Kulon Kabupaten Subang semester Genap tahun pelajaran  2018/2019. Subyek penelitian terdiri dari 24 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada pertemuan ke 1 dan ke 2 tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan  ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 67,31 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,77. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 13,46 (19,99%). Dengan demikian pembelajaran IPA  dengan Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas   dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Masitoh, I. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MENGANAL BAGIAN UTAMA HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas II SD Negeri Kasomalang I Tahun Pelajaran 2018/2019). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 323–332. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/851