PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN NILAI-NILAI PERSATUAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VI SD Negeri Pasanggrahan II Tahun Pelajaran 2017/2018)
Keywords:
Model pembelajaran scramble, nilai-nilai persatuan, dan lingkungan sekolahAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Dayeuhkolot II semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dalam menerapkan nilai-nilai persatuan di lingkungan sekolah melalui penerapan model pembelajaran scramble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam menerapkan nilai-nilai persatuan di lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran scramble. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai nilai rata-rata 70,33 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 50,00% dan pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata post test menjadi 82,50 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 91,67%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,22.