PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ACCELERATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA MTS AL-WAAHIDAH

Authors

  • Agustian Dede Universitas Subang

Keywords:

penalaran adaptif, accelerated learning

Abstract

Kemampuan penalaran adaptif siswa adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa agar mampu berpikir logis dalam memberikan alasan, menarik kesimpulan berdasarkan fakta-fakta dan dapat membuktikan secara matematis berdasar pengetahuan yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran adaptif siswa dan mengetahui sikap siswa jika diterapkan pembelajaran Accelerated Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Accelerated Learning terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan siswa VIII-B sebagai kelas eksperimen di MTs Al-Waahidah. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini, berupa instrumen inti yaitu tes dan non tes.  Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji statistik deksriptif dan uji inferensial.

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Dede, A. . (2022). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ACCELERATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA MTS AL-WAAHIDAH. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 3(1), 133–139. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1299

Issue

Section

Articles