MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN OPEN ENDED

Authors

  • Zahrotul M Alma Universitas Subang

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah matematis, pembelajaran open ended

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa agar mampu memecahkan masalah secara matematis yang sering dijumpai di kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan mengetahui sikap siswa jika diterapkan pembelajaran open ended. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran open ended  terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan siswa VIII-B sebagai kelas eksperimen di MTs Darul Hikmah Purwakarta. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini, berupa tes soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 5 soal. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengelompokkan siswa berdasarkan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kesulitan mengerjakan soal nomor lima. Dan baik siswa kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen kurang menguasai indikator ke-4 yaitu memeriksa kebenaran jawaban.

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

M Alma, Z. . (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN OPEN ENDED. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 3(1), 140–148. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1300

Issue

Section

Articles