PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TORNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS III SDN LIGAR MANAH CIPEUNDEUY
Keywords:
Pembelajaran PKn, Kooperatif, TGT, PowerPointAbstract
Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empet tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi danrefleksi. Penelitian dilakukan di SDN Ligar Manah. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas III tahun pelajaran 2018/2019. Data hasil penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada siklus I guru mendapat skor 27 dengan kriteria baik, dan pada siklus II guru mendapat skor 31 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan, aktivitas siswa pada siklus I mendapat rata-rata jumlah skor 24,35 dengan kriteria baik, dan pada siklus II mendapat rata-rata jumlah skor 25,73 dengan kriteria baik. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan ditunjukkan dengan ketuntasan belajar klasikalpada siklus I sebesar 70%, dan siklus II mencapai 82,5%.Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipeTeam Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas III SDN Ligar Manah. Saran dari peneliti yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru dapat menerapkan model pembelajaran inovatif, khususnya model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media PowerPoint.