MENINGKATKAN KETERAMPILA MENULIS DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PELITA KARYA I KECAMATAN CIPEUNDEUY KABUPATEN SUBANG
Keywords:
media gambar seri, Bahasa IndonesiaAbstract
Permsalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah penggunaan media gambar seri mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam menulis karangann di kelas V SD Negeri Pelita Karya I?; 2) Apakh penggunaan medi gambar seri mampu menigkatkan keampuan menulis siswa dikelas V SD Negeri Pelita Karya I?. Seiring dengan rumusan masalah tersebut tujuan yang hendak diccapai dari penelitian ini antara lain unntuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran menlis dan mengetahui apakah penggunaan media gambar seri mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebnyak tiga siklus. Hasil peneitian menunjukka bahwa. Pertama, aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan dengan menggunakan media gambar seri menunjukkan adanya peningkatn aktivitas yang baik dan tiap siklusnya. Aktivitas dalam menjawab pertanyaan guuru dan 8,3% pada siklus I menjadi 88,9% pada siklus III , begitu pula dalam keseriusan mengerjakan tugas dari 80,6% pada siklus I menjadi 94,4% pada siklus III, sementara itu perilaku yang tidak baik sesuai KB terjadi pennurunan dari 22,2% pada siklus I menjadi 5,6% pada siklus III sehingga menunjukkan perubahan perilaku yang baik. Kedua, hasil kemampuan siswa dalam menulis karangan dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Ha ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa pada siklus I rata-rata mencapai 57,7 smentara padda siklus II mencapai 64, dan mencapai 76 pada siklus III. Berarti nilai yang diperoleh siswa meningkat sebesar 6,7 dari siklus I ke siklus II, dan meningkat lagi sebesar 12 dari siklus dari siklus II ke siklus III.