MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS I SDN PELITA KARYA II

Authors

  • Mimi Suresmi SDN Pelita Karya II

Keywords:

matematika, kooperatif model Examples non examples

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan Hasil Belajarbelajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Examles Non Examples? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Examles Non Examples terhadap motivasi belajar siswa? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan Hasil Belajarbelajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Examles Non Examples. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Examles Non Examples. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa IV SDN  Pelita Karya II. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa Hasil Belajarbelajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,22%), siklus II (78,26%), siklus III (86,96%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model Examles Non Examples dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas I SDN Pelita Karya II serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2020-02-04

How to Cite

Suresmi, M. . (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS I SDN PELITA KARYA II. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 105–115. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/650