MENUMBUHKAN KESADARAN SISWA DALAM MENGELOLA SAMPAH MELALUI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PROYEK

Authors

  • Ria Kurniasari STKIP Sebelas April Sumedang
  • Windu Mandela STKIP Sebelas April Sumedang

Keywords:

pembelajaran, proyek, sampah

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi keprihatinan peneliti mengenai rendahnya kesadaran siswa dalam mengelola sampah yang berserakan di lingkungan sekolah. Untuk merealisasikan kesadaran dalam bentuk perilaku, maka peneliti menerapkan sebuah pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran berbasis proyek merupakan kegiatan pembelajaran yang memberikan kebebasan untuk bereksplorasi dan menghasilkan sebuah karya dari proses pembelajaran tersebut. Dalam hal ini sesuatu yang berbasis proyek bisa mengintegrasikan beberapa cabang ilmu seperti tuntutan kurikulum sekarang yaitu pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan juga lembar evaluasi. Secara keseluruhan pembelajaran IPS berbasis proyek membawa dampak yang positif terhadap kesadaran siswa dalam mengolah sampah. Hal tersebut diperoleh dari peningkatan berbagai aspek, baik aspek pengetahuan, perilaku yang terdiri dari kesadaran dan aplikasi/ tindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam mengolah sampah.

Downloads

Published

2020-02-04

How to Cite

Kurniasari, R. ., & Mandela, W. . (2020). MENUMBUHKAN KESADARAN SISWA DALAM MENGELOLA SAMPAH MELALUI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PROYEK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 116–122. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/651