PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS VII MTs ASH-SHIDDIQIYYAH CEMPAKA KABUPATEN CIREBON
Keywords:
model pembelajaran, kooperatif, jigsaw, hasil belajarAbstract
Penulis beranggapan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar. Penulis melakukan suatu penelitian dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi yang ditentukan yaitu seluruh siswa Kelas VII MTs Ash-shiddiqiyyah cempaka Kab. Cirebon. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik Non Random Sampling di mana yang menjadi sampel yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol, pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian tes awal dan tes akhir. Model pembelajaran kooperatif, yaitu suatu model pembelajaran yang kegiatannya dilakukan dengan cara berkelompok yang saling membantu untuk menyelesaikan persoalan yang diberikan oleh guru kepada siswanya, sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu teknik pembelajaran kooperatif di mana siswa, bukan guru, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam melaksanakan pembelajaran. Tujuan dari jigsaw ini yaitu untuk mengembangkan kerja tim, ketrampilan belajar kooperatif, dan menguasai pengetahuan secara mendalam yang tidak mungkin diperoleh apabila mereka mencoba untuk mempelajari semua materi sendirian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MTs Ash-shiddiqiyyah cempaka tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa sebesar 66,6%, hal ini didapatkan dari hasil uji determinasi. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pretes 21,42% dan diperoleh hasil belajar siswa postes 69,50%, sehingga mengalami peningkatan sebesar 48,08%.