PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PERBAIKAN MISKONSEPSI SISWA KELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI

Authors

  • Wawan Eka Setiawan STKIP Sebelas April Sumedang
  • Neri Egi Rusmana STKIP Sebelas April Sumedang

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Pemahaman Konsep, Miskonsepsi, Gaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa, dan perbaikan miskonsepsi siswa kelas V SD dalam pelajaran IPA terutama pada materi gaya, serta untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan miskonsepsi IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group freetest-postest. Hasil penelitian ini menunjukan: Pertama, model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, hal ini ditunjukan dengan perolehan penghitungan gain yang menunjukan angka 0,7 apabila dilihat dalam kategori gain termasuk dalam kategori tinggi. Kedua, model pembelajaran berbasis proyek dapat memperbaiki miskonsepsi siswa, hal ini ditunjukan dengan perolehan hasil analisis gain sebesar 0,7 apabila dilihat menurut kriteria gai  termasuk dalam kategori tinggi. Ketiga, model pembelajaran berbasis proyek dapat memberikan pengaruh yang kuat terhadap peningkatah pemahaman konsep siswa, hal ini ditunjukan dengan hasil penghitungan effect size dengan perolehan angka 5,20 yang termasuk pengaruh kuat. Keempat, model pembelajaran berbasis proyek ini dapat memberikan pengaruh yang kuat juaga terhadap perbaikan miskonsepsi siswa, hal ini ditunjukan dengan penghitungan effect size yang menunjukan angka 5,44 yang berada dalam kategori kuat.

Downloads

Published

2020-04-05

How to Cite

Setiawan, W. E. ., & Rusmana, N. E. . (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PERBAIKAN MISKONSEPSI SISWA KELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 205–213. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/733