PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MEMPRODUKSI TEKS EDITORIAL SMK NEGERI 1 SUBANG
Keywords:
Think-Talk-Write, Problem Based Learning, Teks Editorial, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Strategi Think-Talk-Write merupakan strategi pembelajaran yang mengkombinasikan beberapa kemampuan bahasa dari segi bicara dan menulis disertai peningkatan daya pikir, sementara itu, model Problem Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang berbasis masalah untuk penggunaan berbagai macam kecerdasan yang diperlukan dalam melakukan konfrontasi terhadap tantangan dunia nyata serta kemampuan untuk menghadapi segala sesuatu yang baru dan kompleksitas yang ada, sehingga penerapan penggabungan antara strategi dan model pembelajaran memberikan kesempatan peserta didik dalam mengeksplore kemampuan berpikirnya dengan menghadapi dan memecahkan permasalahan yang ada. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hasil dari proses pembelajaran serta kemampuan menulis teks editorial yang menerapkan strategi think-talk-write dengan penggabungan model problem based learning. Penelitian dilakukan terhadap sampel satu kelas dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa lembar soal menulis teks teks editorial, lembar observasi aktivitas dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) proses pembelajaran berlangsung baik dengan hasil peningkatan aktivitas peserta didik dari siklus I dengan nilai rata-rata aktivitas belajar sebesar 78,67 naik menjadi 86,67 di siklus II dan mengalami kenaikan lagi di siklus III menjadi 94, sedangakan 2) peningkatan hasil pembelajaran menulis teks editorial selama proses pembelajaran juga mengalami peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I hanya 48%, meningkat di siklus II menjadi 74% dan terakhir lebih meningkat di siklus III menjadi 88% ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan ketentuan batas ketuntasan belajar, maka penerapan stratgi pembelajaran think-talk-write dengan perpaduan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis teks editorial dalam proses tiga siklus penelitian tindakan kelas.