PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Parno Parno SDN Ciomas Kabupaten Cipeundeuy Kabupaten Subang

Keywords:

Pendekatan Realistic Mathematics Education, kemampuan representasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan represetasi siswa yang masih rendah karena pembelajaran di kelas belum melibatkan siswa secara langsung dalam memanipulasi benda-benda nyata sebagai titik awal dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Matematics Education. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah 20 siswa kelas IV di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa kelas IV di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dengan rincian sebagai berikut: persentase kemampuan representasi matematis pada siklus 1 sebesar 55% meningkat pada siklus II menjadi 90% . Pada aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari tiap siklusnya, siklus I sebesar 62% meningkat menjadi 82%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

Downloads

Published

2020-12-18

How to Cite

Parno, P. (2020). PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 2(1), 39–45. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/957