PROFIL KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA SMA
Keywords:
Literasi Informasi, The Big6Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan literasi informasi siswa SMA dan sederajat se-Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa sebanyak 98. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes melalui, angket, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa SMA dan sederajat se-Kota Serang memiliki kemampuan literasi informasi dalam kategori baik yaitu sebesar 78,3%. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa siswa lebih banyak memanfaatkan perangkat Teknologi informasi dan Komunikasi untuk mencari informasi dibandingkan dengan perpustakaan. Kemampuan literasi siswa masih perlu dilatih lagi pada sub variabel strategi dan pencarian informasi dan sub variabel lokasi dan akses informasi