KAJIAN INSTRUMEN DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUKMENGKONSTRUKSI KEMAMPUANMATHEMATICAL THINKING SISWA SMA

Authors

  • NITA DELIMA Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Subang

Keywords:

Kemampuan Mathematical Thinking, Comprehensive Mathematics Instruction

Abstract

Pembelajaran matematika dapat dipandang sebagai proses aktif dan konstruktif, karena dalam pembelajarannya, siswa diarahkan untuk menyelesaikan masalah yang muncul dengan berpartisipasi secara efektif dalam latihan matematika di kelas. Kemampuan siswa untuk menggunakan matematika dalam kehidupan sehari–hari, dalam setiap pekerjaan dan bahkan untuk studi lebih lanjut, oleh PISA disebut sebagai kemampuan literasi matematik. Kerangka berpikir yang digunakan oleh PISA untuk melihat kemampuan literasi matematik meliputi beberapa komponen dalam mathematical thinking yakni komponen penalaran, pemodelan dan membuat koneksi antara ide–ide. Dengan demikian, ketika seseorang akan menyelesaikan sebuah masalah dengan menggunakan matematika, maka mereka akan membutuhkan kemampuan mathematical thinking dalam proses penyelesaiannya. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji perangkat yang dapat mengkonstruksi kemampuan mathematical thinking siswa. Perangkat pembelajaran yang dikaji dalam tulisan ini memuat RPP yang menggunakan model Modifikasi Comprehensive Mathematics Instruction (M-CMI). Sementara itu, intrumen yang dikaji merupakan instrument tes yang dapat digunakan dalam pretes maupun postes untuk mengukur kemampuan mathematical thinking siswa pada materi Program linier.

Downloads

Published

2017-10-13

How to Cite

DELIMA, N. (2017). KAJIAN INSTRUMEN DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUKMENGKONSTRUKSI KEMAMPUANMATHEMATICAL THINKING SISWA SMA. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/110

Issue

Section

Articles