Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Literasi Digital Siswa melalui Model Blended-Comprehensive Mathematics Instruction Berbantuan Geogebra

Authors

  • Nita Delima Universitas Subang
  • Putri Elfandi Universitas Subang
  • Dini Dwi Ramadhani Universitas Subang
  • Wanti Siti Nurhayati Universitas Subang
  • Gagah Kharisma Putra Budiman Universitas Subang
  • Diaz Alda Fatrizian Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i1.1432

Keywords:

Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif, Comprehensive Mathematics Instruction, Geogebra

Abstract

Kemampuan berpikir secara kritis dan kreatif sangat diperlukan dalam kehidupan, demikian pula dengan literasi digital sangat berperan dalam memberikan kontribusi pada masyarakat. Model comprehensive mathematics instruction (CMI) telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan mathematical thinking siswa, sehingga model CMI diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa. Geogebra merupakan salah satu platform pembelajaran yang dapat memberikan visualisasi yang baik, sehingga geogebra diduga akan meningkatkan literasi digital siswa. Pembelajaran blended dapaat menjadi solusi dalam meningkatkan literasi digital siswa. Model blended-CMI berbantuan Geogebra diduga dapat memberikan dampak positif pada peningkatan literasi digital siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa yang menggunakan model blended-CMI berbantuan Geogebra lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model PBM, serta untuk mengetahui bagaimana peningkatan literasi digital siswa setelah memperoleh pembelajaran model blended-CMI berbantuan Geogebra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Blended–CMI berbantuan Geogebra mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis serta berdampak positif paada peningkatan literasi digital siswa.

Author Biographies

Putri Elfandi, Universitas Subang

Pendidikan Matematika

Dini Dwi Ramadhani, Universitas Subang

Pendidikan Matematika

Wanti Siti Nurhayati, Universitas Subang

Pendidikan Matematika

Gagah Kharisma Putra Budiman, Universitas Subang

Sistem Informasi

Diaz Alda Fatrizian, Universitas Subang

Pendidikan matematika

Downloads

Published

2023-02-26

How to Cite

Delima, N., Elfandi, P., Ramadhani, D. D., Nurhayati, W. S., Budiman, G. K. P., & Fatrizian, D. A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Literasi Digital Siswa melalui Model Blended-Comprehensive Mathematics Instruction Berbantuan Geogebra . Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(1), 37–44. https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i1.1432

Most read articles by the same author(s)