Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Literasi Digital Siswa melalui Model Blended-Comprehensive Mathematics Instruction Berbantuan Geogebra
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i1.1432Keywords:
Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif, Comprehensive Mathematics Instruction, GeogebraAbstract
Kemampuan berpikir secara kritis dan kreatif sangat diperlukan dalam kehidupan, demikian pula dengan literasi digital sangat berperan dalam memberikan kontribusi pada masyarakat. Model comprehensive mathematics instruction (CMI) telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan mathematical thinking siswa, sehingga model CMI diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa. Geogebra merupakan salah satu platform pembelajaran yang dapat memberikan visualisasi yang baik, sehingga geogebra diduga akan meningkatkan literasi digital siswa. Pembelajaran blended dapaat menjadi solusi dalam meningkatkan literasi digital siswa. Model blended-CMI berbantuan Geogebra diduga dapat memberikan dampak positif pada peningkatan literasi digital siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa yang menggunakan model blended-CMI berbantuan Geogebra lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model PBM, serta untuk mengetahui bagaimana peningkatan literasi digital siswa setelah memperoleh pembelajaran model blended-CMI berbantuan Geogebra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Blended–CMI berbantuan Geogebra mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis serta berdampak positif paada peningkatan literasi digital siswa.