Analisis Self Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Novianti Astuti Universitas Singaperbangsa
  • Iyan Rosita Dewi Nur Universitas Singaperbangsa

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1223

Keywords:

self-efficacy, pembelajaran matematika

Abstract

Perlunya keyakinan dalam diri siswa dalam kemampuan yang dimilikinya untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar merupakan salah satu faktor keberhasilan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui self-efficacy siswa setelah melewati proses belajar secara daring selama 3 semester secara berturut-turut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan banyak partisipan yang diambil secara purposive sampling sebanyak 5 orang. Analisis dilakukan menggunakan teori Miles dan Huberman dengan beberapa langkah yaitu: 1.) pengumpulan data; 2.) mereduksi data; 3) menyajikan data; 4) menarik kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1.) Siswa yang memiliki self-efficacy kategori rendah dipengaruhi oleh faktor tidak mengerti akan pertanyaan dalam soal maupun jawabannya lalu juga tidak yakin serta tidak percaya diri; 2.) Siswa yang memiliki self-efficacy kategori cukup dipengaruhi oleh faktor bingung akan yang dirasakan, lalu ragu-ragu dengan hasil yang diperolehnya walaupun sudah melakukan yang terbaik serta tidak percaya diri; 3.) Siswa yang memiliki self-efficacy kategori tinggi dipengaruhi oleh faktor kebingungan ketika diberikan soal yang berbeda  lalu juga tidak percaya diri. Maka dapat disimpulkan bahwa self-efficacy siswa pada pembelajaran matematika dikategorikan sudah baik tetapi perlu ditingkatkan kembali.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Astuti, N., & Nur, I. R. D. (2022). Analisis Self Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 93–101. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1223