Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial

Authors

  • Fiqia Millatina Faiz Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iyan Rosita Dewi Nur Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1649

Keywords:

Aritmetika Sosial, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Kecakapan dalam mengatasi suatu persoalan merupakan konsep yang perlu dikuasai oleh siswa, dan setiap persoalan yang ditemui memiliki derajat kesulitan yang beragam, oleh sebab itu tanpa adanya kemahiran dalam hal tersebut akan menyulitkan siswa dalam mencapai suatu keberhasilan dalam belajar. Adapun tujuan dalam riset ini yakni untuk menginterpretasikan kecakapan siswa dalam mengatasi persoalan matematika pada mata pelajaran aritmetika sosial. Metode penelitian yang diaplikasikan dalam riset ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam proses penghimpunan data untuk memenuhi kebutuhan riset menggunakan tes sebanyak dua butir soal. Selanjutnya, subjek pada riset ini adalah murid kelas VIII dengan jumlah 40 orang. Kemudian, hasil riset membuktikan bahwa siswa yang diklasifikasikan pada kategori sangat baik yaitu siswa yang bisa mengatasi suatu persoalan sesuai dengan seluruh tahapan pemecahan masalah, dengan presentase 17,5% dari 40 siswa. Siswa yang dikategorikan cukup yaitu siswa yang hanya bisa mengerjakan soal dengan dua atau tiga tahapan pemecahan masalah, dengan presentase 67,5% dari 40 siswa. Siswa yang digolongkan pada kategori kurang baik yaitu siswa yang hanya bisa mengerjakan soal dengan satu tahapan pemecahan masalah, dengan presentase 15% dari 40 siswa.

Downloads

Published

2023-09-18

How to Cite

Fiqia Millatina Faiz, & Nur, I. R. D. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 98–105. https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i2.1649