Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep Ion Menggunakan Tes Diagnostik Four-Tier Test Berbasis Representasi Jamak

Authors

  • Muhammad Ikhsan Sukaria Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i2.2100

Keywords:

Miskonsepsi;, Repesentasi Jamak;, Tes Diagnostik Four-Tier

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami dengan menggunakan instrumen diagnostic four-tier. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripstif kualitatif dengan menggambarkan beragam miskonsepsi yang dialami siswa pada konsep ion. Tes diagnostik four-tier digunakan untuk menemukan miskonsepsi ini. Tes diagnostik four-tier terdiri dari empat tingkat pertanyaan. Tingkat pertama mengacu pada pertanyaan utama, tingkat kedua mengacu pada keyakinan siswa dalam menjawab pertanyaan tingkat pertama, tingkat ketiga mengacu pada alasan siswa memilih pertanyaan tingkat pertama, dan tingkat keempat mengacu pada keyakinan siswa dalam menjawab pertanyaan tingkat ketiga. Representasi pada soal menggunakan representasi jamak yang terdiri dari representasi makroskopik, submikroskopik, dan representasi simbol. Instrument yang dikembangkan valid ditunjukkan dengan pengujian validitas oleh validator ahli. Subjek penelitian, siswa SMP kelas IX yang mempelajari materi atom molekul dan ion, memiliki reliabilitas tes sebesar 0,6. Penelitian ini berhasil menemukan miskonsepsi yang terjadi pada siswa yang berkaitan dengan konsep ion antara lain ; molekul merupakan gabungan ion-ion; muatan  positif pada ion menandakan pertambahan jumlah elektron sedangkan muatan negatif menandakan kehilangan elektron; molekul dan ion merupakan bentuk lain dari atom.

Downloads

Published

2024-10-03

How to Cite

Sukaria, M. I. (2024). Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep Ion Menggunakan Tes Diagnostik Four-Tier Test Berbasis Representasi Jamak. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(2), 155–162. https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i2.2100