Penerapan Kajian dan Praktik Lapangan Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga di Universitas Negeri Malang (Mata Kuliah: Pembelajaran Tenis Meja dan Metodologi Penelitian)

Authors

  • Pinton Setya Mustafa Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.791

Keywords:

kajian dan praktik lapangan, pendidikan olahraga, tenis meja, metodologi penelitian

Abstract

Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah mengungkap fenomena yang terjadi secara kualitatif selama kegiatan kajian dan praktik lapangan (KPL) berlangsung dengan memberikan materi perkuliahan kepada mahasiswa S1 jurusan pendidikan jasmani dan kesehatan (PJK) di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM) dengan mengajar mata kuliah pembelajaran tenis meja (perwakilan mata kuliah praktik) dan metodologi penelitian (perwakilan mata kuliah teori). Metode deskriptif kualitatif digunakan, dengan peneliti sendiri sebagai instrumen pengumpulan data kemudian data dianalisis dengan: (1) data reduction, (2) data display, dan (3) verification. Hasil menunjukkan selama KPL berlangsung pada mata kuliah praktik dan teori dapat berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa hambatan. Hambatan yang terjadi secara umum pada mata kuliah praktik adalah mahasiswa kadang kurang terkontrol, sedangkan pada mata kuliah teori penyusunan tugas masih belum memenuhi harapan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah KPL berjalan dengan baik dan dapat memberikan pengalaman untuk mengatasi permasalahan yang terjadi selama memberikan perkuliahan. 

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Mustafa, P. S. (2020). Penerapan Kajian dan Praktik Lapangan Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga di Universitas Negeri Malang (Mata Kuliah: Pembelajaran Tenis Meja dan Metodologi Penelitian). Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(02), 12–28. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.791