PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI CINANGSI KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG 2016
Keywords:
hasil belajar dan aktivitas siswa, pembelajaran matematika, model pembelajaran demontrasiAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siswa Kelas VI melalui penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cinangsi Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu dan siklus dua terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus satu memperoleh nilai rata-rata 57,96 yang mencapai ketuntasan 70%, dan meningkat pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 82,41 yang mencapai ketuntasan 81%. Begitu juga dengan hasil observasi perilaku siswa, terdapat peningkatan pada perilaku siswa di setiap siklusnya. Pada siklus I didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 2,77, skor keaktifan rata-ratanya adalah 2,97, dan skor rata-rata keberanian adalah 2,97 dengan kategori cukup baik. Selanjutnya pada siklus II didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 3,58, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,55, dan skor rata-rata keberanian adalah 3,52 dengan kategori baik. Penelitian ini berkesimpulan bahwa Penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Negeri Cinangsi Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.