MENINGKATKAN DAYA MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

Authors

  • ATTIN WARMI Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Daya Matematik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan daya matematik siswa yang menggunakan model pembelajarankooperatif  tipe group investigation lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Daya matematik terdiri dari 5 aspek yaitu pemecahan masalah matematik, penalaran matematik, komunikasi matematik, koneksi matematik, dan representasi matematik. Penelitian dilakukan  terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 3 Karawang tahun ajaran 2012-2013 pada materi segitiga dan segiempatPenelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pre-test dan pos-test yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Karawang Barat. Sampel dari penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-F sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data peningkatan daya  matematik siswa dianalisis dengan rumus gain ternormalisasi(N-Gain), yaitu membandingkan skor pre-test dan pos-test. Data dalam penelitian ini dukumpulkan melalui pemberian pretes dan postes kemampuan daya matematik siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan daya matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2017-10-13

How to Cite

WARMI, A. (2017). MENINGKATKAN DAYA MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/102

Issue

Section

Articles