PENERAPAN METODE DISCOVERY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPS TEMA KERJASAMA ANTAR NEGARA DI KELAS IX-A SMP NEGERI 3 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Authors

  • MIMIN MIMIN SMPN 3 Subang

Keywords:

Pembelajaran discovery terbimbing, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Pembelajaran IPS di SMP Negeri 3 Subang pada umumnya masih menggunakan pendekatan konvensional yang memposisikan guru sebagai pusat belajar, guru lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sebagai pemberi pengetahuan kepada peserta didik, dan guru kurang dapat menggali kemampuan peserta didik untuk memanfaatkan lingkungan untuk bahan belajar, yang pada gilirannya hasil belajar yang diperoleh peserta didik belum maksimal. Pembelajaran cenderung pasif, karena guru jarang menerapkan metode belajar yang bervariasi, oleh karenanya diperlukan upaya guru menggunakan metode yang dapat meningkatkan aktivitas belajarnya. Salah satu metode pembelajaran yang memungkinkan peserta didik lebih aktif sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, diantaranya adalah metode discovery terbimbing.Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui  peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 3 Subang pada pelajaran IPS dengan mengunakan metode discovery terbimbing, (2) mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 3 Subang pada pelajaran IPS dengan menggunakan metode discovery terbimbing, (3) mengetahui aktivitas peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 3 Subang dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPS dengan menggunakan metode discovery terbimbing. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-A sejumlah 37, terdiri dari 17 peserta didik perempuan dan 20 peserta didik laki-laki. Penelitian didesain dalam bentuk penelitian tindakan (PTK), terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Data yang terkumpul disesuaikan dengan instrumen yang digunakan (lembar tes, lembar observasi dan angket). Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh bahwa: (1) Penerapan pembelajaran discovery terbimbing dapat meningkatkan Hasil belajar peserta didik di kelas IX-A SMP Negeri 3 Subang pada pelajaran IPS, tema kerjasama antara negara. Hasil tes menunjukkan hasil yang terus meningkat dari satu siklus ke siklus berikutnya yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata yang diperoleh. Begitu juga persentase peserta didik yang memperoleh nilai kualifikasi baik, semakin meningkat. Pada tes awal, peserta didik yang berkualifikasi baik hanya 2 orang atau 5,4 %, dan peserta didik yang nilainya berkualifikasi baik pada saat postes sangat tinggi, yaitu 20 peserta didik atau 54,1 %, bahkan yang berkualifikasi sangat baik sebanyak 9 peserta didik atau 24,3 %, (2) Aktivitas guru dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan discoveryterbimbing menunjukkan perbaikan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi kolaborator, bahwa aktivitas guru dan peserta didik lebih menunjukkan interaksi edukatif yang lebih baik, (3) Peserta didik kelas IX-A SMPN 3 Subang menunjukkan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metodediscovery terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada tema Kerjasama Antar Negara.Hal ini ditunjukkan oleh pendapat atau respon mereka melalui pengisian angket.Dari Pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan Metode Discovery terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX-A SMPN 3 Subang pada pelajaran IPS tema Kerjasama antar negara, (2) Penerapan metode Discovery terbimbing dapat meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran IPS, tema kerjasama antar negara di kelas IX-A SMPN 3 Subang, dan (3) Penerapan metode Discovery Terbimbing dapat meningkatkan respon peserta didik kelas IX-A SMPN 3 Subang pada pembelajaran IPS tema kerjasama antar negara.

Downloads

Published

2017-10-13

How to Cite

MIMIN, M. (2017). PENERAPAN METODE DISCOVERY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPS TEMA KERJASAMA ANTAR NEGARA DI KELAS IX-A SMP NEGERI 3 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/106

Issue

Section

Articles