PENGARUH CARA BELAJAR SISWA DAN SIKAP SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMK NEGERI DI KABUPATEN SUBANG
Keywords:
Cara belajar siswa, sikap siswa, prestasi belajar bahasa Indonesia.Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh cara belajar siswa dan sikap siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah tekhnik survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Subang, sedangkan sampel yang diambil yaitu sebanyak 180 siswa. Instrumen tes yang digunakan berupa tes tulis bentuk pilihan ganda dan skala penilaian serta skala sikap yang telah melewati uji persyaratan terlebih dahulu. Setelah penulis menganalisis data, penulis berkesimpulan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan cara belajar siswa dan sikap siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Hal ini di buktikan dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Fo 42,119. Secara bersama-sama variabel cara belajar siswa dan sikap siswa memberikan konstribusi sebesar 32,2 % terhadap variabel prestasi belajar bahasa Indonesia siswa, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Hal ini di buktikan dengan perolehan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan t hitung 5,265. Variabel cara belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 21,06 % terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa. Hal ini dibutuhkan dengan perolehan nilai Sig. 0,002 < 0,05 dan t hitung 3,189. Variabel sikap siswa memberikan konstribusi sebesar 11,16 % dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia. Dari hasil analisis maka dapat disimpulkan secara bersama-sama cara belajar siswa dan sikap siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Subang.