Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada di Sekolah Dasar

Authors

  • Ani Kurniawati Universitas Garut
  • Arif Fajar Prasetiyo Universitas Subang
  • Andi Kurniawan Pratama Universitas Surya Kencana
  • Adi Yusup Supardi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1145

Keywords:

Gaya Dada, Hasil Belajar, Renang, Tutor Sebaya

Abstract

Model pembelajaran Peer Teaching pada dasarnya merupakan sebuah kegiatan pembelajaran dengan memilih seorang siswi yang akan dijadikan guru dengan istilah “tutor”, tutor tersebut nantinya akan membantu siswi lain (learner) dalam mempelajari materi pelajaran atau tugas gerak dalam sebuah proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk apakah terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran renang gaya dada di sekolah dasar. Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tutor sebaya memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran renang gaya dada. Berdasarkan hasil analisis data menyimpulkan adanya pengaruh dalam hal peningkatan persentase ketuntasan yakni pada siklus I yaitu dengan nilai rata-rata nilai 64 dengan presentase ketuntasan 25% dan pada siklus II nilai rata-rata nilai 78 dengan presentase ketuntasan 81%. Kesimpulan penelitian penggunaan model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran renang gaya dada di sekolah dasar.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Kurniawati, A., Prasetiyo, A. F., Pratama, A. K. ., & Supardi, A. Y. . (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada di Sekolah Dasar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 186–198. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1145