Pencapaian Kognitif Sosioafektif Pasca Pembelajaran Daring Melalui Penilaian Formatif Kolaboratif Didukung Teknologi

Authors

  • Ajeng Pertiwi Rahmawati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Dede Asrori Rohim UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Eva Latipah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i2.1265

Keywords:

CSCL, Eduinnova, Inovasi Pembelajaran, Pembelajaran Pasca Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kekosongan wacana dalam bidang inovasi pendidikan pasca pandemi, yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan capaian belajar dan peningkatan pencapaian kognitif sosioafektif dengan pembelajaran kolaboratif yang didukung teknologi dan penilaian formatif terhadap integrasinya di dalam kelas (Eduinnova). Kajian ini juga menawarkan alternatif penanganan dalam menghadapi dampak pembelajaran jarak jauh selama pandemi berlangsung. Adapun dalam prosesnya jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Peneliti menghimpun data dari buku dan literatur terkait menggunakan teknik studi pustaka (library research). Data yang telah terhimpun diinterpretasikan dan dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun yang dijadikan sumber data pimer ialah buku berjudul Innovations in Educational Psychology: Perspective on Learning, Teaching and Human Development mengenai technology supported face to face small group collaborative formative assesment and its integration in the classroom. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran kolaboratif dengan menggunakan metode Eduinnova meletakan dasar bagi proposisi pedagogis dan diintegrasikan dengan teknologi untuk mendukung proses pencapaian kognitif dan sosioafektif peserta didik pasca pembelajaran jarak jauh akibat pandemi Covid-19. Pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan interaksi sosial peserta didik dan mengembangkan variabel sosial seperti saling mendukung, mendengarkan satu sama lain, memberikan penjelasan lain dan menyelesaikan masalah. Keterlibatan aktif dalam diskusi kelompok dalam dinamika pembelajaran menstimulus perkembangan konseptual dari pemahaman peserta didik yang sudah ada sebelumnya.

Downloads

Published

2022-09-22

How to Cite

Rahmawati, A. P. ., Rohim, D. A. ., & Latipah, E. . (2022). Pencapaian Kognitif Sosioafektif Pasca Pembelajaran Daring Melalui Penilaian Formatif Kolaboratif Didukung Teknologi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 162–169. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i2.1265