UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGAJAR ILMU SAINS MELALUI KONSEPSI MODEL PEMBELAJARAN BERFIKIR, MENULIS, DAN BERDISKUSI PADA GURU DI SD NEGERI SUMURBARANG KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG TAHUN 2016
Keywords:
hasil belajar, aktivitas guru dan siswa, pembelajaran ilmu sains, model pembelajaran berfikir, menulis dan berdiskusiAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil kinerja guru dalam mengajar mata pelajaran Ilmu sains pada siswa SD Negeri Sumurbarang melalui Penerapan Konsepsi Model Pembelajaran Berfikir, Menulis Dan Berdiskusi. Subyek penelitian ini adalah guru pada Sekolah Dasar Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu, dan siklus dua terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak positif yang baik dalam meningkatkan kinerja guru dalam pengaruhnya terhadap ketuntasan belajar siswa dengan terjadinya perubahan pemahaman siswa di siklus satu sebanyak 61%, meningkat di siklus dua terjadi ketuntasan belajar sebanyak 80%. Begitupun kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dengan terdapatnya perubahan nilai rata-rata siswa di siklus satu dan dua maupun siklus tiga serta aktivitas guru dan siswa sudah semakin baik dengan antusias siswa dalam berdiskusi baik memahami penjelasan guru ataupun bekerja kelompok dengan temannya. Berdasarkan hal itu, penelitian ini berkesimpulan bahwa penggunaan metode Konsepsi Model Pembelajaran Berfikir, Menulis Dan Berdiskusi dapat Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Ilmu sains pada siswa di SD Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2015/2016.