PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT TEACHING STYLE DAN INDERECT TEACHING STYLES TERHADAP SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA PUTERA EKSTRAKURIKULER BASKET SMAN 2 SUBANG

Authors

  • TITA HERAWATI FKIP Universitas Subang

Keywords:

Teknik shooting bola basket, Metode direct teaching styles dan indirect teaching styles

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil belajar siswa yang sangat rendah pada keterampilan teknik shooting dalam permainan bola basket pada siswa ekstrakurikuler basket SMAN 2 Subang. Teknik shooting adalah teknik yang sangat penting dalam permainan bola basket karena bisa menjadi penentu kemenangan suatu tim, serta teknik dasar shooting merupakan teknik dasar yang sangat sulit diantara teknik-teknik lannya. Hasil shooting yang sangat rendah tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan oleh pelatih tidak berjalan dengan efektif. Hal ini disebabkan karena pelatih tersebut kurang menguasai materi ajar pada pokok bahasan keterampilan shooting dalam bola basket. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut, penulis mencoba menerapkan metode pembelajaran direct teaching styles dan indirect teaching styles. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas metode pembelajaran direct teaching styles dan indirect teaching styles dalam peningkatan keterampilan shooting dalam permainan Bola basket. Penelitian ini merupakan suatu bentuk penelitian berkaitan dengan hubungan sebab akibat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pre test dan pos test design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra ekstrakurikuler basket SMAN 2 Subang yang berjumlah 30. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling yaitu melibatkan seluruh jumlah populasi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah testshooting karya Nurhasan. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa t hitung kelompok A (3.33), t hitung kelompok B (2.75) sedangkan t hitung gabungan (1.96) yang lebih besar dari t tabel pada tingkat kepercayaan atau tarif signifikan α =0.05 dengan dk (+ -2) = 28 harga t (0.095) dari daftar distribusi t diperoleh 1.701. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran  kelompok A direct teaching styles hasilnya lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kelompok B indirect teaching styles terhadap shooting dalam permainan bola basket yang dilakukan siswa putra ekstrakurikuler basket SMAN 2 Subang.

Downloads

Published

2016-02-11

How to Cite

HERAWATI, T. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT TEACHING STYLE DAN INDERECT TEACHING STYLES TERHADAP SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA PUTERA EKSTRAKURIKULER BASKET SMAN 2 SUBANG. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/155

Issue

Section

Articles