PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA BROSUR DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIVE

Authors

  • Dian Rahmawati SMA Negeri 1 Jalancagak

Keywords:

Pembelajaran kontekstual, brosur, teks descriptive

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan  peningkatan motivasi  dan hasil belajar siswa serta  pengembangan pembelajaran teks descriptive dengan penerapan pembelajaran kontekstual menggunakan brosur pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Jalancagak. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X MIA- 4 SMA Negeri 1 Jalancagak dengan subyek penelitian berjumlah 38 orang. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes,  observasi, angket,  studi dokumentasi,  wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara dan  catatan lapangan. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian penerapan pembelajaran kontekstual menggunakan media brosur dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa serta mengembangkan pembelajaran teks descriptive.

Downloads

Published

2016-09-15

How to Cite

Rahmawati, D. (2016). PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA BROSUR DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIVE. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/161

Issue

Section

Articles