UPAYA MENINGKATKAN KKM SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA KONSEP HAK ASASI MANUSIA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED DI SMA NEGERI 1 CIPEUNDEUY
Keywords:
PROBLEM BASED, KKM SISWAAbstract
Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini karena peneliti merasakan salah satu problema yang dihadapi dalam KBM PKn di sekolah diantaranya KKM yang sudah ditentukan sulit dicapai oleh para siswa. Kesulitan ini antara lain karena siswa rata-rata mendapatkan kesulitan dalam menangkap pertanyaan dalam soal. Oleh karena itu dalam pokok bahasan Perlindungan Hak Asasi Manusia ini dilakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pengerjaan soal pemberian penghargaan dan hukuman dalam menciptakan disiplin belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X SMA Negeri 1 Cipeundeuy Subang. Penelitian tindakan kelas ini sangat berguna untuk mencapai KKM PKn pada Pokok Bahasan Perlindungan Hak Asasi Manusia atau memperbaiki layanan pendidikan dalam konteks pembelajaran di kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah pemberian penghargaan dan hukuman efektif dalam menciptakan disiplin belajar siswa. Ada tiga hal yang menyebabkan pemberian penghargaan dan hukuman ini efektif dalam menciptakan disiplin belajar siswa, yaitu : (1) Pemberian penghargaan dan hukuman mendorong siswa untuk mempertahankan sikap dan perilaku yang baik serta merubah sikap dan perilaku yang jelek.(2) Pemberian penghargaan dan hukuman dapat menjadikan siswa lebih disiplin dalam belajarnya, (3) Pemberian penghargaan dan hukuman mendorong siswa lebih rajin dan tidak melakukan lagi perbuatan yang melanggar aturan karena takut kena hukuman.