UPAYA MENINGKATKAN KKM SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA KONSEP HAK ASASI MANUSIA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED DI SMA NEGERI 1 CIPEUNDEUY

Authors

  • Drs HERYANTO SMA NEGERI 1 CIPEUNDEUY

Keywords:

PROBLEM BASED, KKM SISWA

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini  karena peneliti merasakan salah satu problema  yang dihadapi dalam  KBM PKn di sekolah  diantaranya  KKM yang sudah ditentukan sulit dicapai oleh para siswa. Kesulitan ini antara lain karena siswa rata-rata mendapatkan kesulitan dalam menangkap pertanyaan dalam soal. Oleh karena itu dalam pokok bahasan Perlindungan Hak Asasi Manusia ini dilakukan penelitian. Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengetahui  efektifitas pengerjaan soal pemberian penghargaan dan hukuman  dalam menciptakan disiplin belajar  siswa pada mata pelajaran PKn  di kelas X SMA Negeri 1 Cipeundeuy Subang. Penelitian tindakan kelas ini sangat berguna untuk mencapai KKM PKn pada Pokok Bahasan Perlindungan Hak Asasi Manusia atau memperbaiki layanan pendidikan  dalam konteks pembelajaran di kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini  adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini  adalah pemberian penghargaan dan hukuman  efektif dalam menciptakan disiplin belajar siswa. Ada tiga hal yang menyebabkan  pemberian penghargaan dan hukuman ini  efektif dalam menciptakan disiplin belajar siswa, yaitu : (1) Pemberian penghargaan dan hukuman mendorong siswa untuk  mempertahankan  sikap dan perilaku yang baik serta  merubah sikap dan perilaku yang jelek.(2) Pemberian penghargaan dan hukuman  dapat menjadikan siswa  lebih disiplin  dalam belajarnya, (3)  Pemberian penghargaan dan hukuman  mendorong siswa lebih rajin  dan tidak melakukan lagi perbuatan yang melanggar aturan karena takut kena hukuman.

Downloads

Published

2016-09-15

How to Cite

HERYANTO, D. (2016). UPAYA MENINGKATKAN KKM SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA KONSEP HAK ASASI MANUSIA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED DI SMA NEGERI 1 CIPEUNDEUY. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/167

Issue

Section

Articles