UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI CIBOGO KECAMATAN CIBOGO K
Keywords:
hasil belajar dan aktivitas siswa, pembelajaran ilmu pengetahuan sosial, model pembelajaran pendekatan pembelajaran sains, teknologi, dan masyarakatAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti.Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa Kelas IV melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Sains, Teknologi, Dan Masyarakat.Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibogo Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang yang terdiri dari 36 siswa.Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian tindakan Kelas ini dilaksanakan dua siklus, siklus satu dan siklus dua terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus satu memperoleh nilai rata-rata 47,77 yang mencapai ketuntasan 40%, dan meningkat pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 86,48 yang mencapai ketuntasan 83%. Begitu juga dengan hasil observasi perilaku siswa, terdapat peningkatan pada perilaku siswa di setiap siklusnya. Pada siklus I didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 2,70, skor keaktifan rata-ratanya adalah 2,92, dan skor rata-rata keberanian adalah 2,87 dengan kategori cukup baik. Selanjutnya pada siklus II didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 3,67, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,63, dan skor rata-rata keberanian adalah 3,57 dengan kategori baik.
Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran sains, teknologi, dan masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cibogo Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.