UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ–2 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI POKOK PERILAKU KOMPETITIF DALAM KEBAIKAN DAN KERJA KERAS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMK NEGERI 1 SUBANG
Keywords:
Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam,, Contextual Teaching and Learning (CTL).Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TKJ-2 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Pokok Perilaku Kompetitif dalam Kebaikan dan Kerja Keras melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMK Negeri 1 Subang. Penelitian dilaksanakan dengan menerapkan rancangan penelitian yang dikembangkan oleh Kurt Lewin, terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan terhadap 33 orang siswa kelas XI TKJ-2 SMK Negeri 1 Subang tahun pelajaran 2015-2016 semester ganjil. Proses penelitian dibagi kedalam tiga siklus, dan setiap siklus satu tindakan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen, yaitu: observasi guru, observasi kelas dan observasi prestasi belajar siswa. Semua data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik prosentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TKJ-2 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Pokok Perilaku Kompetitif dalam Kebaikan dan Kerja Keras di SMK Negeri 1 Subang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI TKJ-2 yang menunjukkan tuntas belajar sebagai berikut: data awal 12 dari 33 siswa (36,36%), pada siklus I meningkat 24 dari 33 siswa (72,73%), pada siklus II meningkat 28 dari 33 siswa (84,85%) dan pada siklus III 33 siswa (100%) sudah tuntas belajar.