Perbedaan Sport Education dan Konvensional Terhadap Motivasi Mahasiswa Pembelajaran Bola Voli Dalam Kurikulum MBKM

Authors

  • Yudhi Kharisma STKIP NAHDLATUL ULAMA INDRAMAYU
  • Fauzan Effendy STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu
  • Riki Ramadhan STKIP NU Indramayu
  • Agi Ginanjar STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i1.1774

Keywords:

Konvensional, Mahasiswa, MBKM, Motivasi, Sport Education

Abstract

Program studi (prodi) bidang olahraga sudah seharusnya memilih strategi pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kualitas dari pembelajaran yang sejalan dengan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Penelitian ini bertujuan ingin menguji perbedaan pengaruh antara Sport Education (SE) dan konvensional terhadap motivasi belajar mahasiswa. Metode penelitian menggunakan ekperimen dengan the matching-only posttest-only control group design. Partisipan yang terlibat didalam penelitian ini sebanyak 78 orang mahasiswa disalah satu prodi bidang olahraga di Kabupaten Indramayu sebagai sampel menggunakan teknik convenience sampling. Instrumen penelitian dengan menggunakan SRQ-L untuk mahasiswa olahraga sebanyak 10 item tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi statisik dan independent sample t-test. Penelitian ini menyimpulkan terdapat perbedaan pengaruh antara SE dan konvensional terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan SE lebih baik daripada konvensional. Berdasarkan hasil serta temuan penelitian menyatakan bahwa SE memberikan hal yang positif untuk pembelajaran bola voli khususnya pada tingkat PT. Serta sebagai model yang cocok untuk meningkatkan kualitas dari pembelajaran yang sejalan dengan kurikulum MBKM.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Kharisma, Y., Effendy, F., Ramadhan, R., & Ginanjar, A. (2024). Perbedaan Sport Education dan Konvensional Terhadap Motivasi Mahasiswa Pembelajaran Bola Voli Dalam Kurikulum MBKM. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 66–75. https://doi.org/10.35569/biormatika.v10i1.1774