UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMA NEGERI 1 CIASEM DALAM MENYUSUN DAN MENGEMBANGKAN SILABUS SERTA PEMBUATAN RPP MELALUI WORKSHOP PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING)

Authors

  • UJANG SONJAYA SMA NEGERI 1 CIASEM

Keywords:

Peningkatan Pedagogik, Pengembangan Silabus dan RPP, Kurikulum 2013

Abstract

Peran pengembangan sangatlah penting dalam proses mengajar, guru bertindak sebagai motivator dan pengajar untuk mencapai tujuan pendidikan menurut UU No 20 Tahun 2003 mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara, dan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, bertanggung jawab. Pemenuhan tersebut tentu menjadi PR buat para guru untuk mengembangkan pikiran dan kreatifitas dalam memenuhi standart komponen penguasaan peserta didik. Mengacu pada teori dan ketentuan peraturan perundang-undangan, PTS ini membahas kualitas kompetensi pedagogik guru dalam menyusun dan mengembangkan Silabus serta RPP , guru diyakini mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, interaktif, efektif dan menyenangkan. Upaya meningkatkan kualitas kompetensi pedagogik Guru SMA NEGERI 1 CIASEM dalam menyusun dan mengembangkan Silabus dan RPP melalui Workshop dilatarbelakangi oleh (a) masih terdapat guru SMA NEGERI 1 CIASEM yang belum paham apa sebenarnya silabus  dan hubungannya dengan RPP (b) apa kegunaan Silabus  dalam pembuatan RPP (c)bagaimana menyusun silabus dan mengembangkannya. (d) Masih ada guru  yang dalam penyusunannya kurang lengkap dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebelum diadakan workshop guru hanya mendapatkan kategori nilai cukup artinya sebagian  belum paham , setelah diadakan workshop pada bulan September dan Oktober 2015 terjadi peningkatan dalam pemahaman menyusun  dan mengembangkan Silabus dan RPP. Penilaian melalui Rubrik Penilaian Aktivitas Guru dalam menyusun, mengembangkan  Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama kegiatan Workshop.

Downloads

Published

2016-09-15

How to Cite

SONJAYA, U. (2016). UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMA NEGERI 1 CIASEM DALAM MENYUSUN DAN MENGEMBANGKAN SILABUS SERTA PEMBUATAN RPP MELALUI WORKSHOP PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING). Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/178

Issue

Section

Articles