PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE BLENDED PADA KEMENARIKAN PEMBELAJARAN BULUTANGKIS

Authors

  • GIRI PRAYOGO PENJASKESREK FKIP Universitas Islam "45" Bekasi

Keywords:

Blended learning, , cooperative, kemenarikan, pukulan Lob

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaaran cooperative blended learning pada kemenarikan pembelajaran bulutangkis materi pukulan lob di SMKN 40 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian pre eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 40 Jakarta Timur. Hasil akhir penelitian dan pembahasan ini perbandingan kemenarikan pembelajaran pada pretest memperoleh nilai persentase sebesar 55.79 yang artinya kurang baik, sedangkan hasil kemenarikan pembelajaran setelah diberikan perlakuan (posttest) memperoleh nilai persentase sebesar 82,17 yang artinya baik. Dengan demikian penerapan pembelajaran cooperativeblended yang memadukan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media online EDMODO dapat meningkatkan kemenarikan pembelajaran teknik pukulan lob dalam permainan bulutangkis, dengan peningkatan sebesar 26,38% lebih baik.

Downloads

Published

2018-03-05

How to Cite

PRAYOGO, G. (2018). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE BLENDED PADA KEMENARIKAN PEMBELAJARAN BULUTANGKIS. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/230