METODE GUIDED DISCOVERY DENGAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIK MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK

Authors

  • TRI ARIF WIHARSO Fakultas Teknik Universitas Garut
  • HELFY SUSLAWATI Fakultas Teknik Universitas Garut

Keywords:

Metode Guided discovery, penilaian kinerja, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh hasil mengenai peningkatan prestasi belajar matematik mahasiswa melalui metode guided discovery learning dengan penilaian kinerja. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk quasi eksperimen dengan membandingkan prestasi belajar mahasiswa yang memperoleh pembelajaran melalui metode metode guided discovery learning dengan penilaian kinerja dengan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional tanpa penilaian kinerja. Desain penelitian menggunakan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Garut tahun pelajaran 2017/2018 dengan sampel penelitiannya adalah mahasiswa semester II yang berasal dari dua kelas. Satu kelas mendapat pembelajaran dengan metode guided discovery learning serta penilaian kinerja (kelas eksperimen) dan satu kelas mendapat pembelajaran konvensional tanpa peilaian kinerja (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes matematik, serta skala sikap mahasiswa. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji t. Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Peningkatan prestasi belajar matematik mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode guided discovery learning dengan penilaian kinerja lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional tanpa penilaian kinerja. 2) Mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap metode guided discovery learning. 3)Mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap penilaian kinerja.

Downloads

Published

2018-10-16

How to Cite

WIHARSO, T. A., & SUSLAWATI, H. (2018). METODE GUIDED DISCOVERY DENGAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIK MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(02), 55–67. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/287

Issue

Section

Articles