PENGGUNAAN SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTIC (SFL) SEBAGAI ALAT ANALISISI TEKS RECOUNT OLEH SISWA DISALAHSATU SMAN DI KARAWANG

Authors

  • KELIK WACHYUDI Universitas Singaperbangsa Karawang
  • FAUZI MIFTAKH Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Teks recount, genre, SFL

Abstract

Pisau analisis SFL GBA menjadi sangat penting untuk membedah genre. Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk membuat siswa menjadi paham menulis teks recount. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatitf deskriptif yang menggali tulisan recount siswa dengan SFL dan GBA sebagai pijakan utamanya. Kegiatan kelas didasarkan pada prinsip-prinsip Bkof, Modelling of Text, Jcot and ICT. Observasi dilakukan pada pengajar bahasa Inggris dalam mengajarkan genre terhadap siswa didalam kelas. Wawancara dilakukan terhadap tiga siswa yang tulisannya dijadikan sampel penelitian. Dokumentasi berupa foto dan tulisan siswa. Hasilnya, pembelajaran menulis teks recount dengan menggunakan GBA memberi keleluasaan siswa dalam menulis reks recount. Hal yang paling mendasar dari penemuan terhadap tiga orang siswa ini adalah mereka menyadari pentingnya menulis teks recount dengan struktur dan skema yang baik serta mereka mampu mengoperasionalkan dari sisi temuan SFL adalah proses material yang dominan

Downloads

Published

2018-11-30

How to Cite

WACHYUDI, K., & MIFTAKH, F. (2018). PENGGUNAAN SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTIC (SFL) SEBAGAI ALAT ANALISISI TEKS RECOUNT OLEH SISWA DISALAHSATU SMAN DI KARAWANG. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(02), 259–267. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/358

Issue

Section

Articles