PEMBELAJARAN TEKNIK PASSING ATAS MELALUI PENDEKATAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL
Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Gaya Mengajar Resiprokal, Teknik Dasar Passing AtasAbstract
Penelitian Ini dilatarbelakangi dari kurangnya hasil belajar siswa dalam materi salah satu permainan bola besar yaitu permainan bola voli dengan menggunakan gaya mengajar yang berpusat pada guru yaitu gaya mengajar komando, gaya mengajar tersebut memiliki beberapa kelemahan dalam meningkatkan teknik dasar passing atas siswa sehingga peneliti bermaksud menggunakan gaya mengajar resiprokal yang memiliki karakteristik dimana siswa lebih aktif dibanding dengan gurunya oleh karena itu gaya mengajar resiprokal dijadikan sebagai solusi dalam permasalahan yang diteliti. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan teknik dasar passing atas bola voli dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri satu Karawang. Adapun metode yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Action Research dengan desain dari Kemmis dan Mc.Taggart, intrumen yang gunakan berupa tes keterampilan pasing atas bola voli terdiri dari sikap awal, pelaksanaan dan sikap akhir. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TSM 4 di SMKN 1 Karawang yang berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil analisis data deperoleh dari hasil siklus I dilihat dari skor penilaian passing atas yaitu 15 siswa (34,5%) berkategori Kurang, 6 siswa (15,8%) berkategori Cukup, 11 siswa (29%) berkategori Baik, 6 siswa (15,8) berkategori Sangat Baik. Dan hal ini di lanjutkan ke Siklus II dilihat dari skor yang diperoleh yaitu 2 siswa (5,3%) berkategori Kurang, 3 siswa (7,9%) berkategori Cukup, 22 siswa (57,9%) berkategori Baik, dan 11 siswa (39%) berkategori Sangat Baik. Berdasarkan Hasil Analisis data dapat ditarik kesimpulan Secara keseluruhan gaya mengajar resiprokal dalam pembelajaran passing atas dalam permainan bola voli dapat meningkatkan hasil belajar siswa.