MODEL PEMBELAJARAN SMASH BOLAVOLI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i01.412Keywords:
Model Pembelajaran, Smash, Bolavoli, Siswa SMKAbstract
Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model pembelajaran smash bolavoli untuk siswa SMK. Memperoleh data data empiris tentang efektivitas model pembelajaran smash bolavoli untuk siswa SMK. Pendekatan penelitian pengembangan model pembelajaran smash ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg dan Gall. Hasil analisis kebutuan menunjukan bahwa model pembelajaran smash bola voli sangat dibutuhkan oleh para guru pendidikan jasmani untuk menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hasil pengembangan model pembelajaran smash bolavoli berdasarkan validasi 5 ahli diperoleh 26 model dari 34 model yang peneliti susun. Hasil uji coba kelompok kecil kemudahan dan kemenarikan model pembelajaran smash bolavoli diperoleh nilai 76,30% (baik) dan 80.56% (sangat baik). Hasil uji coba kelompok besar, kemudahan dan kemenarikan model pembelajaran smash bolavoli diperoleh nilai 71,75% (baik) dan 75.36% (baik). Keefektifan model yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk digunakan. Berdasarkan dari hasil perbandingan antara nilai pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa diperoleh hasil t0 sebesar 11,895 dan ttabel 2,042. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil smash bolavoli peserta didik setelah diberikan perlakuan model pembelajaran smash bolavoli.