MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Penelitian Quasi Eksperimen terhadap Siswa SMP Negeri 1 Tambakdahan)

Authors

  • anggun fuji Pend. Matematika FKIP Unsub

Keywords:

kemampuan pemahaman matematis, model problem based learning (PBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambakdahan. Masalah dalam penelitian ini apakah pembelajaran matematika menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Kemampuan pemahaman matematis siswa meliputi 7 aspek yaitu kemampuan menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, kemampuan mengklasifikasi objek-objek sesuai dengan konsepnya, kemampuan menerapkan konsep secara algoritma, kemampuan memberikan contoh dan non contoh dari konsep yang dipelajari, kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika, kemampuan mengaitkan berbagai konsep, kemampuan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Desain dalam penelitian adalah setuju.ini adalah non-ekivalen. Populasinya seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambakdahan tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan VII-F sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan model problem based learning. Kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan direct learning. Data yang digunakan adalah hasil tes dan angket. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pada analisis data terlihat adanya peningkatan hasil nilai sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Pada analisis angket, dapat disimpulkan bahwa sikap siswa terhadap model problem based learning

Downloads

Published

2017-04-27

How to Cite

fuji, anggun. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Penelitian Quasi Eksperimen terhadap Siswa SMP Negeri 1 Tambakdahan). Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(01), 1. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/6

Issue

Section

Articles