MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DAN RELEVANSINYA DI ERA PENDIDIKAN MASA KINI

Authors

  • MA'MUR SUTISNA WD FKIP Universitas Subang

Keywords:

Manajemen Berbasis Sekolah

Abstract

Banyak masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan masa kini, seperti masalah lulusan; masalah belajar dan pengajaran; masalah pemberian layanan; masalah bimbingan dan latihan bagi guru; dan masalah profesionalisme serta kinerja guru. Masalah tersebut terkait dengan manajerial kepala sekolah, keterbatasan dana, sarana dan prasarana, fasilitas pendidikan, media, sumber belajar, alat dan bahan latihan, iklim sekolah, lingkungan pendidikan serta dukungan dari piphak-pihak yang terkait dengan pelaksanaan belajar mengajar di sekolah. Proses pengelolaan pendidikan disetiap satuan pendidikan tertuju pada kualitas lulusan, tetapi merupakan suatu kemustahilan pendidikan atau sekolah menghasilkan lulusan yang berkualitas, kalau tidak melalui proses pendidikan yang berkualitas. Lebih lanjut merupakan kemustahilan, terjadi proses pendidikan yang berkualitas kalau tidak didukung oleh personalia (kepala sekolah sebagai administrator, guru, konselor, dan tata usaha) yang berkualitas, dan tersedianya sarana-prasarana yang memadai, serta daya dukung lingkungan masyarakat. Oleh sebab itulah diperlukan kemampuan kepala sekolah yang mumpuni dalam mengelola institusinya dalam memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lingkungan yang ada. Berdasarkan berbagai uraian yang telah disampaikan pada bagian sebelumnya, di bawah ini akan dikemukakan kesimpulan sebagai berikut.

  1. Warga sekolah (stakeholders) di setiap satuan pendidikan masih memerlukan waktu untuk dapat menerapkan konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) secara utuh dan kompjerenhensif.
  2. Pemahaman terhadap konsep manajemen yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pjendidikan, baru dapat dipahami oleh sebagian guru yang ada.
  3. Peran serta masyarakat terhadap pembangunan pendidikan belum sesuai dengan yang diharapkan dalam konsep MBS, dan bantuan tersebut baru terbatas pada bantuan finansial.
  4. Visi, misi, dan tujuan sekolah belum sepenuhnya dapat direalisasikan disebabkan oleh masih terbatasnya peran serta masyarakat.

Downloads

Published

2017-10-12

How to Cite

WD, M. S. (2017). MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DAN RELEVANSINYA DI ERA PENDIDIKAN MASA KINI. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/78

Issue

Section

Articles