PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS

Authors

  • ALGIFARI SYARIF FKIP UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU

Keywords:

Renang, Motivasi, Gaya Mengajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan gaya komando dan gaya mengajar pelatihan terhadap motivasi siswa dalam keterampilan gaya bebas. Sampel penelitian ini terdiri dari 44 siswa Sekolah Dasar TB Simatupang Jakarta Selatan. Studi eksperimental dengan 2 X 2 dimanfaatkan untuk memenuhi desain penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan "ANAVA" (Analisis Varians) dan dilanjutkan dengan Tuckey Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara umum, kelompok eksperimen keterampilan gaya merangkak dengan gaya komando memiliki hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan gaya pelatihan. (2) Ada interaksi dalam pengobatan antara gaya mengajar terhadap motivasi siswa dan keterampilan gaya bebas dalam berenang. (3) Siswa yang memiliki motivasi tinggi dan mendapat pengobatan dengan gaya perintah memiliki hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi siswa yang tinggi dalam gaya pelatihan. (4) Tidak ada perbedaan yang signifikan keterampilan gaya bebas antara gaya komando dan gaya pelatihan siswa yang memiliki motivasi rendah.

Downloads

Published

2017-10-13

How to Cite

SYARIF, A. (2017). PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(02). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/87

Issue

Section

Articles