PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK
Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Strategi Pembelajaran QuestionStudent HaveAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan : (1) sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam mengubah suatu permasalahan kontekstual (soal cerita) ke dalam kalimat matematika, artinya kemampuan siswa dalam menyampaikan ide/gagasan matematika baik lisan maupun tertulis dari permasalahan kontekstual masih kurang, (2) sebagian besar siswa masih kurang tepat dalam menuliskan notasi himpunan dan proses perhitungan masih kurang tepat, dan (3) kemampuan siswa dalam menjelaskan gambar kedalam uraian kontekstual masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran questionstudent have (QSH) lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran ekspositori.Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan quasi experiemen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Bina Industri – Cipeundeuy Subang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran questionstudent have (QSH) lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran ekspositori.